Monday, August 1, 2016

Modul Pembelajaran RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

PETA KEDUDUKAN BAHAN AJAR


Peta kedudukan bahan ajar merupakan suatu diagram yang menjelaskan struktur mata pelajaran dan keterkaitan antar mata pelajaran dalam satu kelompok bidang paket keahlian. Gambar 1 menjelaskan peta kedudukan bahan ajar untuk paket keahlian rekayasa perangkat lunak . Kelompok C1 merupakan kelompok mata pelajaran wajib dasar bidang kejuruan. C2 merupakan kelompok mata pelajaran wajib dasar kompetensi kejuruan dan C3 merupakan kelompok mata pelajaran wajib paket keahlian.


Gambar Peta Kedudukan Bahan Ajar Kelompok C2
Mata Pelajaran Pemrograman Web

Sementara itu peta konsep mata pelajaran menjelaskan struktur urutan kegiatan belajar dan topik materi pelajaran. Gambar 2 dibawah ini menjelaskan peta konsep mata pelajaran Pemrograman web untuk kelas X semester 1.


Gambar Peta Konsep Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Semester 1





BAB 1 PENDAHULUAN

A. Diskripsi
Pemrograman web 1 merupakan salah satu mata pelajaran wajib dasar pada dasar program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran Pemrograman web 1 disampaikan dikelas X semester 1 yang disampaikan dalam waktu 4 jam pelajaran per minggu.
Pada semester 1 ini materi pemrograman web ditekankan pada pengenalan teknologi web, profesi yang berhubungan dengan dunia web sehingga peserta didik mendapatkan gambaran akan dunia kerja nantinya. Perintah-perintah dari HTML untuk pembuatan halaman web juga merupakan materi pokok pada pemrograman web 1. Dikenalkan juga pengintegrasian komponen multimedia kedalam teknologi web sehingga dapat menyajikan sebuah halaman web sesuai dengan kaidah/aturan yang berlaku.

B. Prasyarat
Untuk kelancaran pencapaian kompetensi dalam mata pelajaran pemrograman web ini dibutuhkan beberapa peryaratan baik pengetahuan maupun ketrampilan dasar. Persyaratan tersebut antara lain ialah: peserta didik mempunyai kompetensi dalam hal pemanfaatan teknologi informasi, seperti mengoperasikan hardware komputer dan mengoperasikan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak aplikasi tersebut antar lain ialah pengolah data untuk menganalisis data hasil eksperimen, pengolah kata untuk membuat laporan dan aplikasi presentasi untuk mengkomunikasikan dan mempresentasikan hasil laporan.

C. Petunjuk
Buku pedoman siswa ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 yang mempunyai ciri khas penggunaan metode scientific. Buku ini terdiri dari dua bab yaitu bab satu pendahuluan dan bab dua pembelajaran. Dalam bab pendahuluan beberapa yang harus dipelajari peserta didik adalah diskripsi mata pelajaran yang berisi informasi umum, rasionalisasi dan penggunaan metode scientifik. Selanjutnya pengetahuan tentang persyaratan, tujuan yang diharapkan, kompetensi inti dan dasar yang akan dicapai serta test kemampuan awal.
Bab dua menuntun peserta didik untuk memahami deskripsi umum tentang topik yang akan dipelajari dan rincian kegiatan belajar sesuai dengan kompetensi dan tujuan yang akan dicapai. Setiap kegiatan belajar terdiri dari tujuan dan uraian materi topik pembelajaran, tugas serta test formatif. Uraian pembelajaran berisi tentang diskripsi pemahaman topik materi untuk memenuhi kompetensi pengetahuan. Uraian pembelajaran juga menjelaskan deskripsi unjuk kerja atau langkah-langkah logis untuk memenuhi kompetensi skill.
Tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dapat berupa tugas praktek, eksperimen atau pendalaman materi pembelajaran. Setiap tugas yang dilakukan melalui beberapa tahapan scientifik yaitu : 1) melakukan pengamatan setiap tahapan unjuk kerja
           2) melakukan praktek sesuai dengan unjuk kerja
           3) mengumpulkan data yang dihasilkan setiap tahapan
           4) menganalisa hasil data menggunakan analisa diskriptif
           5) mengasosiasikan beberapa pengetahuan dalam uraian materi pembelajaran untuk
               membentuk suatu kesimpulan
           6) mengkomunikasikan hasil dengan membuat laporan portofolio. Laporan tersebut
                merupakan tagihan yang akan dijadikan sebagai salah satu referensi penilaaian.

D. Tujuan Akhir
Setelah mempelajari uraian materi dalam bab pembelajaran dan kegiatan belajar diharapkan peserta didik dapat memiliki kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan materi:
  • Teknologi aplikasi web
  • Format teks halaman web
  • Multimedia pada halaman web
  • Hyperlink halaman web
  • Format halaman web
E. Kompetensi inti dan kompetensi dasar
1.)  Kompetensi Inti 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
      Kompetensi Dasar :
       1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
              kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
       1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
       1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-
              hari.
2.)  Kompetensi Inti 2: Menghayati  dan Mengamalkan perilaku  jujur,  disiplin, tanggung jawab,  
       peduli  (gotong   royong,  kerjasama,  toleran,  damai),  santun,  responsif  dan  proaktif  dan
       menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
       secara  efektif  dengan  lingkungan sosial dan  alam serta  dalam menempatkan  diri  sebagai
       cerminan  bangsa dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
       Kompetensi Dasar:
           2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
                  tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli 
                  lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam 
                  melakukan percobaan dan berdiskusi.
           2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
                  implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.)   Kompetensi Inti 3: Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual
       dan  prosedural  berdasarkan  rasa  ingintahunya  tentang  ilmu pengetahuan,  teknologi,  seni,
       budaya,  dan  humaniora    dalam   wawasan   kemanusiaan   kebangsaan,   kenegaraan,   dan 
       peradaban  terkait  penyebab  fenomena  dan  kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
       memecahkan masalah.
       Kompetensi Dasar:
               3.1. Memahami konsep teknologi aplikasi web
               3.2. Memahami format teks pada halaman web
               3.3. Memahami format tabel pada halaman web
               3.4. Memahami tampilan format multimedia
               3.5. Memahami format kaitan pada halaman web
               3.6. Memahami format formulir pada halaman web
4.)  Kompetensi Inti 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
       terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
       melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
       Kompetensi Dasar:
                4.1. Menyajikan pelbagai teknologi pengembangan aplikasi web
                4.2. Menyajikan teks dalam format tertentu pada halaman web
                4.3. Menyajikan tabel pada halaman web
                4.4. Menyajikan tampilan format multimedia pada halaman web
                4.5. Menyajikan format kaitan pada halaman web
                4.6. Menyajikan formulir pada halaman web
                4.7. Menyajikan style tertentu pada halaman web

F. Diskripsi
                 Pemrograman web 1 merupakan salah satu mata pelajaran wajib dasar pada dasar program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran Pemrograman web 1 disampaikan dikelas X semester 1 yang disampaikan dalam waktu 4 jam pelajaran per minggu.
                 Pada semester 1 ini materi pemrograman web ditekankan pada pengenalan teknologi web, profesi yang berhubungan dengan dunia web sehingga peserta didik mendapatkan gambaran akan dunia kerja nantinya. Perintah-perintah dari HTML untuk pembuatan halaman web juga merupakan materi pokok pada pemrograman web 1. Dikenalkan juga pengintegrasian komponen multimedia kedalam teknologi web sehingga dapat menyajikan sebuah halaman web sesuai dengan kaidah/aturan yang berlaku.




Thank's gan have seen this article   

1 comment:

  1. The Casino Review by Dr.MD
    This casino offers 남양주 출장샵 the highest 세종특별자치 출장안마 RTPs with a range 안산 출장안마 of There 파주 출장안마 are also live dealer games. Roulette is always a 사천 출장샵 favorite among players because of their

    ReplyDelete